Bila merencanakan untuk belajar atau bekerja di luar negeri, Anda umumnya diharuskan untuk memiliki sertifikat IELTS. The International English Language Testing System (IELTS) ialah serangkaian tes yang direncanakan untuk mengetes kemampuan Anda dalam bicara, dengar, membaca, dan menulis bahasa Inggris. Tes IELTS dibagi ke empat sesi berbeda; mulai dari tes menulis, sampai membaca peta dan grafik.

Sebelumnya, tes IELTS memang nampak susah. Namun dengan latihan dan penyiapan yang bagus, Anda dapat mendapatkan score yang seperti dengan kemauan Anda.

Dilansir dari Lembaga kursus bahasa Inggris online, berikut ini ialah enam panduan yang dapat Anda kerjakan saat sebelum lakukan tes IELTS.

Persiapkan telinga anda untuk bermacam dialog bahasa Inggris

Apa Anda ketahui bila rekaman saat listening tes (tes dengar) cuman diputar 1x? Disamping itu, bermacam dialek bahasa Inggris dipakai saat tes dengar, baik itu dialek orang Amerika, orang Australia, orang New Zealand, dan orang Inggris. Penting untuk Anda untuk pahami bahasa Inggris dengan bermacam dialek. Salah satu perihal yang dapat Anda kerjakan ialah abonemen podcast berbahasa Inggris atau TV kabel.

Baca panduan dengan benar

Bila dalam listening tes Anda disuruh untuk menjawab no more than two words (tidak lebih dari dua kata), dalam writing tes (tes menulis), Anda harus memerhatikan jumlah kata yang diisyaratkan di tiap pekerjaannya. Bila tidak penuhi persyaratan minimal kata, Anda akan kehilangan nilai.

Terus latihan

Apa Anda ketahui bila waktu listening tes cuman 40 menit, dengan 10 menit paling akhir dipakai untuk mengopi jawaban? Sepanjang latihan, belajarlah untuk mengendalikan waktu seperti dengan tes sesungguhnya. Kecuali bisa mengestimasi waktu, Anda bisa juga mengenali kekurangan dan kelebihan Anda. Bila memiliki kesusahan saat tes membaca, Anda harus semakin banyak meluapkan waktu untuk latihan tes membaca.

Membuat strategi

Dengan membuat taktik yang pas, Anda bisa mengefektifkan waktu sebaik-baiknya saat lakukan tes IELTS. Dalam tes dengarkan, misalkan, tandai keyword yang dapat membantu Anda untuk konsentrasi ke beberapa hal penting. Untuk mengirit waktu saat tes membaca, Anda langsung bisa menyaksikan daftar pertanyaan. Tiap orang memiliki taktik yang berbeda, jadi yakinkan Anda ketahui taktik yang terbaik untuk diri Anda sendiri.

Menulislah seperti pengucap asli

Membaca dan menulis tidak dapat dipisah keduanya. Lakukan diri Anda untuk membaca bermacam topik; mulai dari membaca buku petunjuk, iklan, majalah, artikel, esai, laporan mengenai budaya, ilmu dan pengetahuan, dan lain-lain. Kemudian, catat kalimat dari kosa kata yang baru Anda dapatkan di bacaan itu. Saat telah terlatih menulis kalimat komplet, Anda dapat latihan menulis paragraf dan membuatnya dengan baik.

Mencari rekan belajar

Cari rekan yang pintar berbahasa Inggris untuk menolong Anda latihan, khususnya dalam speaking tes (tes bicara). Janganlah lupa untuk minta anjuran dari mereka. Yakinkan rekam latihan Anda supaya lebih gampang untuk dipelajari. Coba untuk meningkatkan kemampuan bicara Anda dari anjuran yang rekan Anda beri. Dengan latihan yang cukup, otak Anda akan terlatih untuk memikir dengan bahasa Inggris.

Comments are closed.